Optimasi Layout Komponen Satelit Mikro Menggunakan Algoritme Genetika

Image of Optimasi Layout Komponen Satelit Mikro Menggunakan Algoritme Genetika
Penempatan komponen dalam sebua kontainer termasuk kategori permasalahan non-deterministic polynomial-time hard (NP-ard) yang dalam teori kompleksitas komputasional sangat sulit dipecahkan. Permasalahan ini umumnya dikenal sebagai layout optimization problem (LOP). Penelitian optimasi layout dalam tesis inii mengambil studi kasus layout komponen satelit mikro. Layout komponen satelit mikro tersebut harus memenuhhi persyaratan muatan misi, waana peluncur dan pengendalian sikap.
Strategi terbaru untuk mencari layout yang optimal dari berbagai kemungkinan adala menggunakan algoritme genetika yang dikombinasikan dengna order-based positioning technique (OPT) sehingga kemungkinan solusi sama dengan permutasi sejumla komponenya. Setiap komponen diberi indeks kemudian ditempatkan dalam kontainer berdasarkan urutan tertentu sesuai dengan algoritme penempatan yang sudah dibangun. Sementara itu, urutan penempatan tersebut dibangkitkan ole algoritme genetika yang mengeksplorasi berbagai kemngkinan ingga diperoleh urutan yang menghasilkan individu (solusi) terbaik.
Algoritme genetika dalam optimasi layout ini menggunakan jumla populasi, probabilitas penyilangan dan probabilitas mutasi yang teruji secara statistik menghasilkan individu terbaik. Pendekatan ini telah teruji validitasnya dan terbukti menghasilkan layout yang optimal.
Informasi Detil
Judul Seri -
No. Panggil 47/2019/THE
Penerbit Institut Pertanian Bogor : Bogor.,
Deskripsi Fisik 29 hlm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi NONE
Edisi 2016
Subyek satelit mikro
Optimasi layout
algoritme genetika
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Tipe Koleksi Dipublikasikan

Tipe Koleksi Tidak Dipublikasikan.

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.