Sistem Pengumpan Pompa-Turbin Roket Cair RCX-300 : Desain Pompa Sentrifugal Dan Turbin Impuls

Image of Sistem Pengumpan Pompa-Turbin Roket Cair RCX-300 : Desain Pompa Sentrifugal Dan Turbin Impuls
LAPAN selaku lembaga pemerintahh bidang penelitian dan pengembangan teknologi antariksa (roket), berdasarkan UU Republik Indonesia nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan, bertujuan sala satunya adala untuk mewujudkan kemandirian dan daya saing suatu bangsa dan negara dalam penyelenggaraan keantariksaan, penelitian ini bermaksud mengambil manfaatnya untuk kemanusiaan. Tahap awal penelitian ini difokuskan pada kajian awal pompa turbin untuk enjin RCH-300H. Enjin jenis ini dipili karena gaya dorong yang diasilkan masi kecil, seingga kebutuhan bahan bkar (fuel-oxydizer) juga masi sedikit, dimana enjin ini suda melalui beberapa kali uji bakar dan sudah terbukti menghasilkan gaya dorong.
Proses awal perancangan sistem pompa turbin pada roket cair yaitu dengan mengetaui kebutuhannya, yang selanjutnya dilakukan pemodelan geometri dengan bantuan software CAD dan disimulasi menggunakan software CFD (Computational Fluid Dynamics) yang memperole hasil grafik karakteristik performa dari komponen tersebut.
asil perhitungan menunjukkan, besar kebutuan head dan debit bahan bakar pada sistem enjin roket sebesar 9,6*10-4m3/s (m=1,44 kg/s) dengan head 255 meter untuk oksidator, dan 4,3 *10-4 m3/s (m=0,34 kg/s) dengan head 400 meter untuk kerosene. Hasil simulasi menunjukkan untuk pompa sentrifugal kerosene membutukan daya poros 2.324,9 Watt dengan efisiensi rotor 63,91%, pompa sentrifugal oksidator membutuhkan daya poros 7.510,44 Watt dengan efisiensi rotor 50,52%, dan turbin impuls mengasilkan daya poros 20.448,8 Watt pada kondisi pressure ratio 1,96 dengan efisiensi rotor 56,4%
Informasi Detil
Judul Seri -
No. Panggil 43/2019/THE
Penerbit Institut Teknologi Bandung : Bandung.,
Deskripsi Fisik Xiv, 67 hlm.
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi NONE
Edisi 2018
Subyek Roket cair
efisiensi
pompa sentrifugal
turbin impuls
head
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Tipe Koleksi Dipublikasikan

Tipe Koleksi Tidak Dipublikasikan.

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.