Studi Fenomena Slug Aliran Air-Udara Berlawanan Arah Pada Sistem Pipa Kompleks Dengan Variasi L/D

No image available for this title
Aliran dua fase merupakan bagian dari aliran multiphase, baik itu aliran yang searah maupun yang berlawanan arah. Salah satu aplikasi pemanfaatan aliran berlawanan arah yaitu Pressurized Water Reactor (PWR) ketika terjadi kebocoran pada saluran [rimer. Salah satu pola aliran yang terbentuk adalah aliran slug, aliran yang sebisa mungkin diindari karena menimbulkan perubaan tekanan yang mendadak dan osilasi tekanan yang besar. al tersebut dapat mengakibatkan pipa pecah, kerusakan struktur akibat getaran atau memicu terjadinya korosi akibat kavitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari fenomena pola aliran, frekuensi slug, kecepatan slug dan posisi onset of slugging aliran air-udara berlawanan arah pada sistem pipa kompleks dengan variasi L/D.
Penelitian dilakukan pada L/D = 25 dan L/D = 50 dengan pipa berdiameter 25,4 mm, variasi panjang pipa 635 mm dan 1270 mm. Daerah pengamatan dilakukan pada simulator hot leg dengan pengambilan data menggunakan kamera berkecepatan tinggi. Metode pengamatan dan analisa data dilakukan secara visual dengan mengamati potongan-potongan gambar.
Aliran stratified terjadi pada JL dan JG rendah, dengan semakin bertambanya JG dan JL yang sama permukaan air akan bergelombang hingga menyentuh dinding pipa yang terbentuk aliran slug. Frekuensi slug akan semakin naik pada wilayah 1, dan menurun pada wilaya 2. Bertambanya JL mempengarui kecepatan rambat slug yang bertambah besar. Fenomena flooding dengan bertambanya JL maka JG semakin kecil. Flooding pada L/D = 50 lebih cepat terjadi dibandingkan dengan L/D = 25.
Informasi Detil
Judul Seri -
No. Panggil 40/2019/THE
Penerbit UGM : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik Xviii, 98 hlm. : ill. ; 28 cm
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN -
Klasifikasi NONE
Edisi 2017
Subyek PWR
Flooding
slug
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Tipe Koleksi Dipublikasikan

Tipe Koleksi Tidak Dipublikasikan.

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.